Sabtu, 17 April 2010

(Silakan) lihat lebih dekat...

FISIKA mempunyai berbagai macam makna yang berbeda untuk setiap orang. Ada yang bilang mematikan, nggak guna, tapi ada juga yang bilang menyenangkan dan menantang...



Dan saya, pernah menjadi orang yang menganggap fisika itu tidak berguna...



Mungkin hal ini berawal dari perkenalan saya dengan fisika di SMP. Saat itu guru pertama saya (tanpa bermaksud tidak hormat), saya rasa beliau gagal dalam mengajarkan saya betapa mengasyikannya fisika. Hal itu menjadi semacam trauma kepada saya, hingga terbawa-bawa sekitar kelas 2 SMA...


Dan kelas 3 SMA muncullah seorang guru yang mengubah pandangan saya....



Mungkin bisa dibilang saya cukup beruntung pernah diajar oleh beliau. Beliau adalah orang yang membuka mata saya bahwa ternyata fisika itu bukanlah suatu yang terlalu mengawang-awang. Fisika itu cuma konsep yang diciptakan oleh orang-orang seperti kita, untuk sekedar menjelaskan apa yang terjadi di dunia yang diciptakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala ini.....Konsep yang dibuat sesederhana mungkin, muncul dari pertanyaan-pertanyaan mendasar yang ada di kehidupan sehiari-hari




Apa Fisika itu sederhana? Jawabannya ya dan tidak. Hingga kini orang masih mencari yang namanya "Theory of Everything" yaitu satu teori yang bisa menjelaskan bagaimana keseluruhan alam semesta ini bekerja. Dengan kata lain, kita mencari satu penjelasan SEDERHANA dari berbagai macam penjelasan yang lebih rumit yang kita temukan.......




Setelah masuk kuliah dan "tersesat" di Fisika, saya banyak melihat Fisika dari dekat. Dan, terima kasih untuk dosen-dosen saya, ternyata Fisika tidak semengerikan itu kalau dilihat dari dekat. Malah rasanya menarik. Mengetahui gimana sesuatu itu bekerja dan memprediksi bagaimana sesuatu akan terjadi.........itu sebagian dari apa yang Fisika tawarin......





Sebenernya intinya sih, kalau ada masalah apapun, silakan ditinjau masalah tersebut lebih dekat. Karena sebagaimana saya melihat fisika dari dekat dan ternyata menemukannya menarik, saya yakin setiap masalah pun sebenarnya tidak ada yang sulit........









.........ANDAI KITA MAU MELIHAT LEBIH DEKAT..........

Tidak ada komentar: